Solusi Efektif Menanggulangi Kenakalan Remaja



Solusi Efektif
Menanggulangi Kenakalan Remaja

Zaman saat ini telah mengalami perubahan besar yang tanpa kita sadari bahwa generasi penerus adalah bibit bangsa yang saat dijaga dan dirawat setelah berbuah kita petik hasilnya. Bibit itupun perlu mendapat tempat yang aman dan strategis untuk berkembang. Maka diperlukan sekolah dengan struktur dan manajemen professional sudah seharusnya mengalokasikan sumber daya manusia dan finansialnya agar tetap aktif dalam menangani kenakalan remaja.
Ibarat bibit saat ini adalah remaja yang memiliki karakteristik yang tampil dalam perilaku yang mencetak pribadi yang unggul dan menguasai segudang IPTEK serta bersungguh-sungguh dalam mendarmabaktikan kemampuannnya bagi kemajuan masyarakat bangsa dan Negara. Janganlah menjadi remaja yang hanya membebani orang tua dengan melakukan hal-hal yang merugikan.
Remaja yang ideal adalah remaja yang nasehat baik jasmani dan rohani. Kesehatan adalah masalah pokok yang sering dilupakan remaja. Sehat jasmani membuat membuat manusia meraih impian secara sempurna. Dalam keadaan sakit, manusia tidak mampu berbuat banyak baik untuk dirinya, apalagi untuk orang lain. Disinilah pentingnya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan, olahraga, tidur, dan makan cukup serta terhindar dari perilaku menyimpang, seperti pergaulan bebas, narkoba, free sex, dan lain-lain.
Sedangkan sehat rohani adalah sehat mental, moral dan social. Sehat mental membuat remaja mampu mengambil pelajaran dari perjalanan hidup dan mampu menyaring setiap hal yang datang. Sehat mora membuatnya terhindar dari tindakan-tindakan dosa. Sehat social menjadikan cepat beradaptasi dengan lingkungan, mampu memimpin dan siap menjadi motor perubahan masyarakat kearah yang lebih baik.
Remaja dinamis, bermoral, dan produktif seperti itulah yang dibutuhkan bangsa ini kedepannya. Kesuksesan mereka menjadi orang yang berprestasi secara “individual-personal” dan “social-komunal” bukan tanpa sebab, banyak sebab yang melatarbelakanginya. Keunggulan itu tidak datang begitu saja. Berikut beberapa diantara penyebab sukses para remaja unggulan sebagai berikut:
Pertama, mereka yakin dan optimis mampu mengubah nasib sendiri dan nasib banyak orang. Keyakinan dan optimism besar ini menggugah semangat hidup untuk berjuang tanpa kenal lelah dengan target tinggi. Mereka ahli dalam merencanakan  hidup, konsisten dengan apa yang dirancang, serta inovatif dan kreatif dalam mengembangkan diri secara optimal.
Kedua, mereka membekali diri dengan segudang ilmu pengetahuan, wawasan kemasyarakatan, strategi perjuangan, bahasa komunikasi public, dan ketahanan mental dan moral. Maka dari itu hendaklah rajin membaca buku, menulis, berdiskusi, memaksimalkan karya.
Ketiga, mampu membaca peluang bisnis dan mampu memanfaatkan dengan baik dan berfikir berusaha keras dalam peluang bisnis.
Keempat, mempunyai kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang handal. Menjaga harmoni social dan meminimalisir segala macam konflik, konfrontasi, dan agitasi. Lebih mengutamakan solidaritas internal agar tercipta kekuatan besar dalam perjuangan.
Kelima, mampu menyelesaikan setiap persoalan yang muncul. Perkataan mampu menyejukkan dan membawa kemajuan serta dorongan, sementara perilakunya mencerminkan tabiat yang baik.
Lima keunggulan diatas mampu menjadikan remaja sebagai tonggal kebangkitan bangsa sepanjang zaman untuk bangkit dari keterpurukan dan kegelapan yang menjadi rahasia kekuatannya.
Seorang pembimbing atau guru dalam arti guru yang mengajarkan arti kehidupan yang bermakna yang menjadi panutan. Pernah kita dengar ungkapan bahasa Jawa, guru merupakan singkatan dari digugu lan ditiru. Dimana digugu berarti dipatuhi ucapannya. Maksud dari ungkapan itu sebagai guru kita tidak harus menggunakan kemarahan untuk menyadarkan para murid atau remaja. Namun ada beberapa tahapan dan proses yang perlu kita pelajarai untuk mengidentifikasi karakteristik siswa dan remaja pada umumnya. Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda, maka dari itu yang perlu kita persiapkan adalah agar mereka luluh terhadap nasehat yang kita berikan diantaranya:
-  kita melakukan pendekatan dengan mengajak berbicara atau bahkan membuatnya nyaman dengan berbicara santai seperti hobi dan kesukaannya.
- mencari tahu apa yang dia fikirkan dari cara bergaul dan  perilaku setiap harinya.
- mencermati cara bicaranya dan dilihat kesopanannya.
- cermati satu persatu permasalahannya.
Strategi diatas merupakan persiapan awal, setelah kita focus dengan diri anak dan direlevansikan dengan perkembangan global saat ini perlulah kita mengambil beberapa tindakan yakni sebagai berikut :
a.  menyadarkan  perilaku mereka dengan melihat kehidupan disekitarnya.
b. menuliskan semua perbuatan yang salah didalam buku pribadi remaja sebagai instrument pengingat agar tidak mengulangi perbuatan yang buruk itu.
c. memberikan kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan karya.
d. mengajarkan untuk hidup gotong royong dan menjaga kerukunan.
Dapat disimpulkan bahwa kehadiran  remaja sebagai generasi muda mempunyai arti dan makna tersendiri dimata masyarakat. besarnya antusias masyarakat menerima kehadiran generasi muda dilatar belakangi oleh beberapa hal diantaranya : 
pertama, remaja mempunyai peran nilai yang strategis serta signifikan dalam menentukan masa depan bangsa. 
kedua, eksistensi remaja sebagai simbol progresivitas, pelopor, dan penentu arah dinamika suatu bangsa. 
ketiga, remaja merupakan purwarupa ideal sebagai generasi penerus. sebab mereka masih punya semangat, keteguhan cita-cita, ketegasan sikap, serta visi yang konsisten dan jelas. 
Remaja adalah aset masa depan bangsa, bukan untuk digadaikan, apalagi diabaikan. mereka membutuhkan penjagaan dan pemeliharaan serta memerlukan dukungan secara moril maupun materiil sekaligus pembinaan dan arahan menuju aktivitas bernuansa positif dan kreatif, baik pada sektor pendidikan maupun pengembangan potensi dan keterampilan. 
Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, terima kasih sudah membacanya...."-"

G+

0 Komentar untuk "Solusi Efektif Menanggulangi Kenakalan Remaja"

Back To Top