Sikap orang tua terhadap anak

Sikap Orang tua terhadap Anak

Sebagai orang tua perlakukan anak-anak kita sesuai dengan perkembangan jiwa mereka. Dalam memperlakukan mereka kita sebagai orang tua dapat berpedoman pada prinsip-prinsip tingkatan umur, yaitu :
1.      Tingkatan umur 0 – 6 tahun
Pada umur tersebut perlakukan putra putri kita seperti raja, maksudnya dilayani semua kebutuhan mereka seperti mandi dimandikan, makan disuapi, berpakaian dan semua keperluan yang belum dapat dilakukan mereka sendiri. Apabila ibu bekerja dicarikannya orang yang bisa menjaganya. Berilah pengarahan kepada yang menjaganya tentang tata tertib makan, berpakaian, bermain, disiplin dan budi pekerti. setelah kerja sebaiknya ibu langsung pulang dan bila ada uang belikan mereka oleh-oleh berupa makanan dan permainan sederhana. Kalau tidak begitu ajaklah anak kita ngobrol dan bercanda untuk melepas rindu, terkadang ajaklah jalan-jalan disore hari agar menambah keakraban keluarga.
2.      Tingkatan umur 6 – 12 tahun
Perlakukanlah mereka sebagai pembantu, maksudnya adalah putra putri kita sudah diajarkan atau dimulai mampu melayani dan membantu diri sendiri dan belajar mandiri. Mereka sudah bisa disuruh membantu dan melayani orang tua dalam hal tugas-tugas ringan. Mereka sudah mampu mandi sendiri, merapikan tempat tidur, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Janganlah orang tua memaksa anak untuk melakukan sesuatu, biarkan pola pikir mereka berkembang dengan baik, agar bisa membedakan yang baik dan buruk. Maka sesekali berilah dia pujian dan sanjungan serta motivasi belajar yang tinggi agar memperoleh prestasi baik.
3.      Tingkatan umur 12 – 18 tahun
Perlakukanlah mereka seperti kawan karena memasuki masa pubertas yaitu masa untuk mencari identitas diri dan bukan anak kecil lagi, mereka sudah menginjak dewasa. Kita sebagai orang tua perlu meneladani sikap saling menghormati hak dan menghargai keberadaan mereka secara utuh. Mereka bisa diajak pergi menemani ke toko, pasar, mengunjungi saudara dan urusan lain. Jangan sekali-kali kita sebagai orang tua mencela mereka didepan tamu, hargailah mereka sebagai pribadi yang utuh.
4.      Tingkatan umur 18 – 24 tahun
Perlakukan mereka sebagai lawan bicara orang tua, artinya berdiskusi untuk dapat diajak berunding guna memecahkan masalah keluarga. Mereka menjelang dewasa sehingga dapat memberi pertimbangan dan pemikiran ke arah kemajuan keluarga. Ajaklah mereka merundingkan sesuatu yang penting untuk membuat rencana. Dalam diskusi untuk memecahkan masalah latihlah mereka untuk menahan emosi dan pengendalian diri serta menghargai pendapat orang lain. Pada usia tersebut orang tua tidak memaksa mereka untuk mengikuti atau menemani pergi, karena mereka sudah mempunyai acara sendiri. Tidak perlu orang tua ikut mencampuri urusan mereka. Percayalah bahwa mereka mempunyai kegiatan positif berkat pembinaan orang tua yang begitu akrab. Begitulah pendidikan anak dalam lingkungan rumah tangga yang positif.


Semoga informasi tersebut bermanfaat, selamat membaca… -_- 

G+

0 Komentar untuk "Sikap orang tua terhadap anak"

Back To Top