jurus jitu membuat soal

*Jurus jitu membuat soal*
Ketika materi sudah selesai pastilah kita memikirkan untuk menilai kemampuan siswa dengan beberapa hal diantaranya :
a.           Tes kognitif
b.           Tes psikomotorik
c.            Tes afektif
Disamping itu kita memiliki penilaian lisan dan tulisan. Untuk tes lisan bisa dilakukan sewaktu-waktu seputar bab yang telah diajarkan. Untuk tes tertulis perlulah beberapa soal yang mengstimulasi kemampuan berfikir mereka yang direlevansikan dengan info terkini. Tidaklah sampai soal banyak tapi tidak bisa diimplementasikan dalam kehidupan.
Yang perlu kita persiapkan untuk membuat soal adalah :
1.                 Buatlah rancangan materi yang akan diujikan
2.                 Buatlah kisi-kisi soal dalam jumlah yang disesuaikan dengan waktu pengujian.
3.                 Carilah bacaan atau inspirasi berita terkini yang sedang booming.
4.                 Jika soal teori maka buatlah soal yang membutuhkan pemikiran atau penjabaran secara detail.
5.                 Jika soal yang menggunakan angka buatlah soal mulai hitungan mudah , sedang sampai sulit.
Setelah semua terlaksana buatlah evaluasi dan soal pengayaan. Selanjutnya cara mengevaluasi soal dan tingkat kesulitannya :
a.     Melihat rata-rata nilai kelas
b.     Carilah siswa nilai terendah dan tertinggi
c.      Kita ujikan soal tersebut sebagai tolok ukur kemampuan siswa
d.     Lakukan penilaian
e.      Hasil sudah ada, soal yang sulit kita bahas pada saat jam pelajaran.
Jika soal terlalu mudah atau sulit dapat diketahui sehingga mereka tahu kesalahan dalam menjawabnya dan cara penyelesaiannya. Kita beri tanda jenis soal mudah, sedang dan sulit takarannya harus pas dan seimbang. Tidak boleh terlalu mudah atau bahkan terlalu sulit. Untuk menarik perhatian siswa dalam mengerjakan soal kita perlu cara yang menyenangkan yaitu :
1.     Buatlah tulisan soal yang rapi.
2.     Berilah tanda soal yang jelas.
3.     Perintah soal yang efisien.
4.     Berilah bahasa penyemangat diakhir soal yang disesuaikan dengan mata pelajarannya. Misalnya soal bahasa Inggris : berilah ucapan penutup *good luck*, atau soal bahasa Jawa : *Sugeng Makarya*
5.     Terkadang berilah tanda halaman soal yang tepat dengan head and footer .
6.     Berilah pesan atau kata mutiara, pantun untuk penyemangan mengerjakan soal.
Dapat disimpulkan bahwa kita ketika membuat soal latihan atau ulangan perlulah kita memahami situasi dan kondisi siswa jika terjadi hambatan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat… makasih… “-“


G+

0 Komentar untuk "jurus jitu membuat soal "

Back To Top