*Jurus jitu membuat soal*
Ketika materi sudah selesai pastilah kita memikirkan untuk menilai
kemampuan siswa dengan beberapa hal diantaranya :
a.
Tes kognitif
b.
Tes psikomotorik
c.
Tes afektif
Disamping itu kita memiliki penilaian lisan dan tulisan. Untuk
tes lisan bisa dilakukan sewaktu-waktu seputar bab yang telah diajarkan.
Untuk tes tertulis perlulah beberapa soal yang mengstimulasi kemampuan
berfikir mereka yang direlevansikan dengan info terkini. Tidaklah sampai soal
banyak tapi tidak bisa diimplementasikan dalam kehidupan.
Yang perlu kita persiapkan untuk membuat soal adalah :
1.
Buatlah rancangan materi
yang akan diujikan
2.
Buatlah kisi-kisi
soal dalam jumlah yang disesuaikan dengan waktu pengujian.
3.
Carilah bacaan
atau inspirasi berita terkini yang sedang booming.
4.
Jika soal teori
maka buatlah soal yang membutuhkan pemikiran atau penjabaran secara detail.
5.
Jika soal yang menggunakan
angka buatlah soal mulai hitungan mudah , sedang sampai sulit.
Setelah semua terlaksana buatlah evaluasi dan soal
pengayaan. Selanjutnya cara mengevaluasi soal dan tingkat kesulitannya :
a.
Melihat rata-rata
nilai kelas
b.
Carilah siswa nilai
terendah dan tertinggi
c.
Kita ujikan soal
tersebut sebagai tolok ukur kemampuan siswa
d.
Lakukan penilaian
e.
Hasil sudah ada, soal
yang sulit kita bahas pada saat jam pelajaran.
Jika soal terlalu mudah atau sulit dapat diketahui sehingga
mereka tahu kesalahan dalam menjawabnya dan cara penyelesaiannya. Kita beri
tanda jenis soal mudah, sedang dan sulit takarannya harus pas dan seimbang. Tidak
boleh terlalu mudah atau bahkan terlalu sulit. Untuk menarik perhatian siswa
dalam mengerjakan soal kita perlu cara yang menyenangkan yaitu :
1.
Buatlah tulisan
soal yang rapi.
2.
Berilah tanda soal yang
jelas.
3.
Perintah soal yang
efisien.
4.
Berilah bahasa
penyemangat diakhir soal yang disesuaikan dengan mata pelajarannya. Misalnya
soal bahasa Inggris : berilah ucapan penutup *good luck*, atau soal bahasa
Jawa : *Sugeng Makarya*
5.
Terkadang berilah tanda
halaman soal yang tepat dengan head and footer .
6.
Berilah pesan atau
kata mutiara, pantun untuk penyemangan mengerjakan soal.
Dapat disimpulkan bahwa kita ketika membuat soal latihan
atau ulangan perlulah kita memahami situasi dan kondisi siswa
jika terjadi hambatan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat… makasih… “-“
0 Komentar untuk "jurus jitu membuat soal "