MERUBAH SIKAP ANAK YANG DIKATEGORIKAN NAKAL

* MERUBAH SIKAP ANAK YANG DIKATEGORIKAN NAKAL *  

Perkembangan psikologi anak semakin hari semakin berubah-ubah yang perlu kita persiapkan adalah bagaimana cara mengatasinya yakni kita perlu mendalami sikap dan perubahan mereka mulai di rumah maupun disekolah. cara mengenali perubahan sikap mereka adalah :
1. cara bicara mereka terhadap orang lain.
2. cara menanggapi pembicaraan yang serius.
3. cara berperilaku dengan masyarakat.
4. keaktifan, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab mereka.

Faktor yang mendukung mengenali perubahan sikap dengan cara :
a. pendekatan dengan menanyai yang mereka butuhkan.
b. memantau perilaku dan perkataannya
c. mengajaknya untuk beribadah dengan rajin.
d. memantau belajarnya disekolah.

untuk anak yang ingin serba tahu kita hendaknya menanggapi dengan positif yaitu dengan menjawabnya dengan bijaksana dan memberikan arahan kehidupan. yang sering kita temui perubahan sikap anak yaitu :

1. Rambut panjang bagi anak putra biasanya perubahan sikap seperti itu mereka menganggap bahwa terlihat maco / jago, pemberani, dan suka berbuat onar. perubahan seperti kita sebagai orang tua langsung bertindak dengan cara menasehati dan memanjakan keinginannya tapi memberikan syarat untuk memotong rambutnya.

2. Rambut disemir, gaya rambut ini terlihat menarik namun dampak mereka meniru sifat kebarat-baratan. sehingga masyarakat memandang buruk. perubahan seperti kita sebagai orang tua langsung bertindak dengan cara menasehati dan memanjakan keinginannya tapi memberikan syarat untuk merubah warna rambut menjadi hitam.

3. Mentato kulit, hal ini bukan hanya sebagai gaya-gayaan tapi justru mengganggu kesehatan.

4. Merokok adalah haram bagi anak kecil apalagi wanita hamil dan dilakukan ditempat umum. karena merupakan perbuatan boros dan mengganggu syaraf untuk berfikir. disamping itu dapat mengganggu kesehatan, agama, dan sosial maka sebaiknya larangan keras anaknya merokok.

5. berkelahi dapat menyebabkan perselisihan sehingga memunculkan adanya geng yang dapat membuat onar disekitarnya.

6. Mencuri, untuk tahap ini hendaknya perlu mendapat bimbingan psikologi pendamping.

7. Merusak sepeda motor temannya, perbuatan ini walaupun cuma iseng, kebiasaan, kebencian bahkan balas dendam. namun dapat berakibat tidak bisa bergaul dengan teman.

8. pacaran, lebih banyak menjadi sumber malapetaka karena berpotensi mendekatkan pada seks bebas. kalau tidak ada perbaikan moral sangat mungkin terjerumus. pengamalan agama secara intensif dan berorientasi praktis sangat penting untuk memberikan pemahaman dan penyadaran kepada para remaja. keluarga juga harus ketat dalam mengawasi anak-anaknya. jangan mudah percaya kepada anak dan selalu aktif melakukan monitoring ke sekolah. Teman-teman pergaulan anak juga harus benar-benar diperhatikan jangan sampai anak dilepas bermain dengan teman-teman yang kurang baik. pergaulan yang salah dapat berbahaya dalam pembentukan karakter, pembangunan moral dan masa depan anak.

9. tidak masuk sekolah,
10. sering bolos,
11. tidak disiplin 
12. ramai didalam kelas,

Maka dari itu perlu pengawasan keluarga dan pihak sekolah terjadi komunikasi bersama. yang terpenting benteng melindungi diri kita dan keluarga adalah pendalaman dan keimanan dalam agama.
semoga dapat bermanfaat, terima kasih..... #_#




G+

0 Komentar untuk "MERUBAH SIKAP ANAK YANG DIKATEGORIKAN NAKAL"

Back To Top